Jumat, 31 Oktober 2008

Soal mid semester TKJ kelas XII

SOAL-SOAL '' TKJ "
1. Jelaskan konsep dasar sistem operasi berbasis GUI!
2. Sebutkan media-media penyimpanan yang sesuai untuk menginstalasi sistem operasi berbasis GUI!
3. Jelaskan konfigurasi hardware yang sesuai untuk installasi sistem operasi berbasis GUI!
4. Jelaskan langkah-langkah intallasi sistem operasi!

'' JAWABAN NO 1 SAMPAI 4 "
1. Konsep dasar sistem operasi GUI adalah pada sistem ini user dapat berinteraksi dengan sistem operasi berbasis GUI, pada sistem ini user dapat berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar /simbol-simbol, dan tentu hal ini akan memberi kemudahan bagi pengguna. Itulah sebabnya mengapa sistem operasi yang berbasis GUI SERINGKALI DISEBUT "USER FRIENDLY "
2. Media-media penyimpanan GUI adalah CD,HARD DISK atau SERVER
3. Konfigurasi hardwarenya adalah 486DX atau 66MHz ke atas, dan mempunyai RAM minimal 24 megabites. Typical berkisar 205MB-260MB dan Installasi Full berkisar 210MB-400MB
4. Langkah-langkah sistem operasi berbasis GUI dapat dilakukan dari COMMAND PROMPT DOS, maupun dari sistem operasi lain yang sudah ada. Misalnya dari WINDOWS 95 dan akan di up grade ke WINDOWS 98. Pada prinsipnya ada dua cara ini hampir sama. Jika diaksanakan melalui DOS tentu harus booting dulu melalui DOS. Setelah muncul DOS prompt, pindah ke disk drive dimana source/master sistem operasi yang akan di install berada selanjutnya ketik SETUP dan tekan enter, proses installasi akan dimulai.
Demikian juga jika melalui sistem operasi lainnya. Cari SETUP.EXE pada source/master sistem operasi yang akan diinstall, lalu jalankan.
Setelah SETUP dijalankan, installer secara otomatis akan melakukan scan hard disk. Scandisk berjalan setelah proses SETUP/INSTALL hanya berfungsi untuk mengecek terjadinya kesalahan, tidak memperbaiki ketika ada problem maka keluar dari setup windows dan menjalankan scan disk dari DOS / sistem operasi
"Sebelum melakukan installasi, tutuplah semua program yang berjalan(RUNNING) seperti :
A) SCREEN SAVER
B) ADVANCED POWER MANAGEMENT SETTINGS.
Jika dikehendaki booting melalui disket dapat diikuti langkah berikut:
1) Restart /re booting komputer anda.
2) Saat kompuetr melakukan booting. tekan dan tahan tombol "DEL" Pilih advanced BIOS
3) Jadikan floppy disk sebagai booting sistem
4) Simpan dan keluar dari SETUP BIOS
5) Masukan disket yang berisi DOS/start up ke dalam floppy disk.

Tidak ada komentar: